AsriHandayani's Blog

PENGERTIAN KORUPSI,KOLUSI,DAN NEPOTISME

Posted on: March 31, 2010


Akhir-akhir ini di semua media,baik media massa maupun elektronik menyoroti sepak terjang KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi ),namun pernah ngga sih
kita berfikir apa arti spyle=”text-align:justify;”>Sering kita mendengar dan membaca di mediaesifik dari KKN itu sendiri? Nah, aq dapat pengertiaan nih dari yahoo answer..

Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere = busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok) menurut Transparency International adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi secara garis besar mencakup unsur-unsur sbb:
perbuatan melawan hukum;
penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana;
memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi;
merugikan keuangan negara atau perekonomian negara;

Selain itu terdapat beberapa jenis tindak pidana korupsi yang lain, diantaranya:
memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan);
penggelapan dalam jabatan;
pemerasan dalam jabatan;
ikut serta dalam pengadaan (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara);
menerima gratifikasi (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara).

Dalam arti yang luas, korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintah|pemerintahan rentan korupsi dalam prakteknya. Beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri, di mana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali.

Korupsi yang muncul di bidang politik dan birokrasi bisa berbentuk sepele atau berat, terorganisasi atau tidak. Walau korupsi sering memudahkan kegiatan kriminal seperti penjualan narkotika, pencucian uang, dan prostitusi, korupsi itu sendiri tidak terbatas dalam hal-hal ini saja. Untuk mempelajari masalah ini dan membuat solusinya, sangat penting untuk membedakan antara korupsi dan kriminalitas|kejahatan.

Tergantung dari negaranya atau wilayah hukumnya, ada perbedaan antara yang dianggap korupsi atau tidak. Sebagai contoh, pendanaan partai politik ada yang legal di satu tempat namun ada juga yang tidak legal di tempat lain.

Kolusi

Di dalam bidang studi ekonomi, kolusi terjadi di dalam satu bidang industri disaat beberapa perusahaan saingan bekerja sama untuk kepentingan mereka bersama. Kolusi paling sering terjadi dalam satu bentuk pasar oligopoli, dimana keputusan beberapa perusahaan untuk bekerja sama, dapat secara signifikan mempengaruhi pasar secara keseluruhan. Kartel adalah kasus khusus dari kolusi berlebihan, yang juga dikenal sebagai kolusi tersembunyi.

kolusi merupakan sikap dan perbuatan tidak jujur dengan membuat kesepakatan secara tersembunyi dalam melakukan kesepakatan perjanjian yang diwarnai dengan pemberian uang atau fasilitas tertentu sebagai pelicin agar segala urusannya menjadi lancar

Nepotism
e
Nepotisme berarti lebih memilih saudara atau teman akrab berdasarkan hubungannya bukan berdasarkan kemampuannya. Kata ini biasanya digunakan dalam konteks derogatori.

Sebagai contoh, kalau seorang manajer mengangkat atau menaikan jabatan seorang saudara, bukannya seseorang yang lebih berkualifikasi namun bukan saudara, manajer tersebut akan bersalah karena nepotisme. Pakar-pakar biologi telah mengisyaratkan bahwa tendensi terhadap nepotisme adalah berdasarkan naluri, sebagai salah satu bentuk dari pemilihan saudara.

Kata nepotisme berasal dari kata Latin nepos, yang berarti “keponakan” atau “cucu”. Pada Abad Pertengahan beberapa paus Katholik dan uskup- yang telah mengambil janji “chastity” , sehingga biasanya tidak mempunyai anak kandung – memberikan kedudukan khusus kepada keponakannya seolah-olah seperti kepada anaknya sendiri. Beberapa paus diketahui mengangkat keponakan dan saudara lainnya menjadi kardinal. Seringkali, penunjukan tersebut digunakan untuk melanjutkan “dinasti” kepausan. Contohnya, Paus Kallistus III, dari keluarga Borja, mengangkat dua keponakannya menjadi kardinal; salah satunya, Rodrigo, kemudian menggunakan posisinya kardinalnya sebagai batu loncatan ke posisi paus, menjadi Paus Aleksander VI. Kebetulan, Alexander mengangkat Alessandro Farnese, adik kekasih gelapnya, menjadi kardinal; Farnese kemudian menjadi Paus Paulus III. Paul juga melakukan nepotisme, dengan menunjuk dua keponakannya (umur 14 tahun dan 16 tahun) sebagai Kardinal. Praktek seperti ini akhirnya diakhiri oleh Paus Innosensius XII yang mengeluarkan bulla kepausan Romanum decet pontificem pada tahun 1692. Bulla kepausan ini melarang semua paus di seluruh masa untuk mewariskan tanah milik, kantor, atau pendapatan kepada saudara, dengan pengecualian bahwa seseorang saudara yang paling bermutu dapat dijadikan seorang Kardinal.

About these ads

50 Responses to "PENGERTIAN KORUPSI,KOLUSI,DAN NEPOTISME"

mantapppp

numpan copas ya buat tugas

Koruptor2 di Negara Indonesia kita ini, sekarang sdh byk skali. Korupsi pun merajalela.

Maka pemerintah harus lebih efektif lagi dalam memberantas korupsi, melalui lembaga2 korupsi.

thank’s y jdi bntu ak bwt ngrjain tgas nih

Lebih ditingkatkan lagi ya pendalaman postingannya…!

shukran yer atas pkongsian ni….

i like it!!

sngat membantu PR saya di sekolah. wkwk :))

mantapp ., ijin kopas ya :D..

Follow blog saya dong,

saya follow.. ni blognya :D

yahh pengen follow k link ke fb ya?

numpang bUat TgaS,tpi dk po2 jgolah.ini kan ilmu bgi kta

hwaaa,, thanks ya informasinya..

PR skolah bisa d tangani dngn mudah :)

haha maaf , copas ya buat tugas , hehehe…

aq butuh iniii…………!!!!

thanx y udah jadi salah satu informasi bwt tugas kuliahku….

Wah artikelnya bagus.. skalian blogwalking… Visit back ya..

Thanks ya gann.. Ini sangat membantu untuk membuat PR saya disekolah.. Hahahaha :D

mantaf bisah bsah babantu akan tugas school eyyyyyy… :D

KKN ; Sebuah Lingkaran Setan…Salam kenal

bantu bgt nie buat tgs PKN

Mantabs..!
Thnk U..

nepotisme tak hanya dipemerintah saja,,
ironisnya rakyat kecil masuk budaya nepotisme dikarenakan wakil rakyat,,
seoarng anak pemulung ketika ayahnya meninggal nanti penerusnya ya anaknya itu,,
itu salah besar dari wakil rakyat, kurang memperhatikan kalangan bawah, sehingga dia terpaksa sbg penerus ayahnya,,
tak ada perubahan lebih baik

Bagus ,
sieh
tapi para pejabat tidak pernah sadar

kebanyakan kkn
terutama korupsi bagi negara ya sendiri kan kasihan rakyat miskin

It’z verry good. . Semoga dapat qta ambil hikmahny ;-)

thank’you yaa…………. berkat ini,,aku jdi mudah ngerjain prrr……..

aku boleehh nyontekk ggaa..ada tugass niieee………….. bolehh yaaaa…………….!!!!!

membantu banget ni
THANKS YA

Alhamdulillahhh
pr kku.. Akhir.x slesaii jgga

trimakasih infonya :)

sekarang kita dijajah korupsi

trims infonya……buat nambah pengetahuan.

Thx ya..
membantu sekali nih…
+ numpang copas ya.. :)

for yuo all
one tense from me : ” belajarlah tuk percya pada dhirhie cendhiria”

mksh yaa,,,

sangat membantu saya bikin pr sekolah dan sangat murah saya membikin pr sekolah terimakasih atas bantuan mu

Bagaimana cara seorang bisa mencpols kan diri nya ke dalam hall seperti ita yea………?
nahh”teman2x jangn melakukan nya ya………………..!

akhirnya, jawaban atass tgazz quu ketemu jugaa,..

thankzzz,……….

Siiip………………………………

thankss yach..

makasih atas infonya

makasih ya atas infonya =D
jadi bisa ngerjain pr deh ;)

LIKE THIS

terima kasih blognya keponkan sy bisa menyelesaikan tugas sekolahnya..

terimakasih atas pemberitahuannya ..
saya jadi bisa mengerjakan PR sekolah :D
ThX

mantappppppppp, bisa bantu q dlm melakukan tugasnya

ahhh,
akhirnya, makasih ya :)

… Ini di copas dari Wikipedia, ya? Itu mulai-nya sama persis gaya Wikipedia, dikasih tahu asal kata pake “( )”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Asmaul Husna

Archives

Categories

Recent Posts

Space Iklan

Masukan script iklan anda disini
March 2010
M T W T F S S
« Dec   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

NetworkedBogs

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: